Waspada badai matahari atau Solar Strom mempengaruhi iklim bumi

Siring dengan berjalannya waktu, badai matahari yang terjadi dari awal tahun hingga saat ini, kini dampak mulai dirasakan. Krisis Musim Kemarau panjang salah satu nya. hampir di tiap penjuru dunia dilanda kekeringan yang begidu amat sangat, dan hal ini sebelumnya belum terjadi. secara tidak sadar bahwa badai matahari atau disebut juga SOLAR STROM membawa dampak begitu besar bagi kehidupan di bumi ini.

analisa beikut membuktikan bahwa pengaruh dari terjadinya badai matahari adalah sebagai beikut ;

VIVAnews - Badai akibat letusan lidah api Matahari yang terjadi pekan lalu menghadirkan ‘pertunjukan’ yang sangat indah di kawasan belahan utara Bumi. Namun menurut sejumlah pakar, badai itu juga berdampak besar bagi planet kita.

Badai surya memaksa sejumlah perangkat, misalnya satelit transmisi, meningkatkan daya yang digunakan sebagai kompensasi atas gangguan elektrik. Selain itu, badai juga memaksa sejumlah pesawat terbang mengubah rute mereka akibat adanya interferensi radio di dekat kawasan Kutub Utara.

Dikutip dari CBS News, 2 Februari 2012, saat astronom mengamati badai Matahari terhebat dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah orang yang beruntung yang tinggal di kawasan belahan bumi Utara di latitude tinggi, mulai dari Kanada sampai negara-negara Skandinavia dapat melihat efek badai tersebut

Badai radiasi ini bertahan lama. Fenomena seperti ini jarang muncul, tetapi saat terjadi, efeknya akan kita rasakan selama beberapa hari,” kata Douglas Beisecker, peneliti dari Space Weather Prediction Center, Colorado, Amerika Serikat. (umi).

“Bagi Indonesia, fenomena alam ini tidak memberi pengaruh berarti. Badai Matahari ini diperkirakan akan mencapai ekstrem pada tahun 2013,” ujar Deputi Bidang Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, Kamis (8/3).

Badai matahari berskala menengah tinggi itu, menurutnya, berpotensi mengganggu operasional satelit, seperti satelit komunikasi. Bila gangguan tidak dapat diatasi oleh operator satelit, ada kemungkinan akan mengganggu telekomunikasi penggunaan telepon seluler, siaran TV, dan komunikasi data perbankan.

Radiasi dari matahari itu tidak akan berefek langsung bagi tubuh manusia. Juga tidak ada efek radiasi ketika berkomunikasi menggunakan telepon seluler. Efek paparan proton hanya terjadi di wilayah kutub.

 

dengan demikian dari kedua dampak yang di timbulkan dari badai matahari  memberi kita suatu teguran akan hal yang terjadi saat ini. di samping kita waspada akan dampak tersebut, memungkinkan kita untuk lebih berpikir secara positif akan kejadian alam ini yang sedang terjadi.

apakah ini sebuah teguran bagi umat manusia, yang selama ini manusia sendiri enggan untuk memperhatikan akan alam sekitarnya. semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. bahwa sesungguhnya alam semesta ini sudah terlalu tua, dan mulai marah akan apa yang kita perlakukan terhadapnya. aminnnnn!!!

 

No comments:

Post a Comment