Bentuk-bentuk Perubahan Sosial Budaya


Bentuk-bentuk Perubahan Sosial Budaya

a. Berdasarkan kecepatan perubahan

1) Perubahan evolusi adalah perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses yang lambat dan dalam waktu yang cukup lama. Contoh : perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern

2) Perubahan revolusi adalah perubahan yang berlangsung secara cepat. Contoh: revolusi di Inggris, di Prancis, di Indonesia.

b. Berdasarkan besar kecilnya pengaruh yang ditimbulkan

1) Perubahan kecil

Adalah perubahan yang tidak membawa pengaruh langsung atau pengaruh yang berarti bagi masyarakat. Contoh mode pakaian dan rambut

2) Perubahan besar

Adalah perubahan yang membawa pengaruh langsung atau pengaruh yang berarti bagi masyarakat. Contoh: penggunaan mesin traktor oleh petani, proses industrialisasi.






c. Berdasarkan ada tidaknya perencanaan perubahan

1) Perubahan yang dikehendaki (intended-change)

Perubahan yang dikehendaki (intended-chanege) atau perubahan yang direncanakan (planned-change) merupakan perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihakpihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat.

Contoh:

Perubahan sistem pemerintahan yang sentralistik menjadi desentralistik pada orde reformasi. Bila sebelumnya semua kekuasaan berada di tangan pemerintah pusat sekarang ini telah terbagi ke daerah-daerah dengan adanya otonomi daerah. Perubahan ini sangat dikehendaki masyarakat untukmempercepat pembangunan di daerahnya masing-masing.

No comments:

Post a Comment