tips perawatan kain sutra


Pada umumnya busana sutra dicuci dengan teknik dry clean. Namun sebenarnya sutra bias aja dicuci sendiri dirumah, asalkan dengan tangan di bilas. Bila tenunannya agak jarang, setelah dicuci sutra akan bertambah rapat. Jadi, sutra yang ringan (seperti crepe de chine 12mm) justru akan semakin bagus setelah dicuci. Sutra yang tenunannya agak rapat tidak akan menciut atau menciut sedikit sekali. Namun busana dari sutra bias saja menciut bila bahannya tidak dicuci terlebih dahulu sebelum dijahit.
Ketika mencucinya, gunakan deterjen berkualitas baik, yang dapat menghilangkan lemak dan ‘menghidupakan kembali’ sutranya.jangan gunakan deterjen alkaline atau yang mengandung lilin, petroleum, dan sejenisnya. Sutra jangan dip eras, dan jangan pula dikeringkan di dalam mesin pengering. Beberkan saja di atas bahan handuk, lalu gulung.

Jangan menyetrika  kain sutra dengan setelan panas  tinggi, bias-bisa ia menguning atau memudar. Lapisi sutra dengan bahan pelapis sebelum di setrika, atau gunakan setrika uap.

1 comment: